135 Relawan Anti Narkoba Tersebar di Kota Jambi

38
Kepala BNN Kota Jambi, Agus Setiawan SH.(Deni Septiawan/Sekoja.co.id)
Kepala BNN Kota Jambi, Agus Setiawan SH.(Deni Septiawan/Sekoja.co.id)
SEKOJA.CO.ID, Jambi- Dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Jambi, pihak Bandan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jambi selama setahun ini telah membentuk sebanyak 135 orang relawan anti narkoba.
Kepala BNN Kota Jambi, Agus Setiawan SH di Jambi Senin mengatakan, untuk tahun ini BNN kota sudah memiliki 135 orang relawan anti narkoba yang sementara ini banyak tersebar pada lima kelurahan yang ada di kota dan dilingkungan masyarakat serta lingkungan pendidikan.
Untuk relawan yang ada di lingkungan masyarakat dan lingkungan pendidiakn ada masing-masing sebanyak 30 orang relawan sedangkan di lima keluruhan yakni Kelurahan Eka Jaya, Penyengat Rendah, Tanjung Sari, Kenali Asam Bawah dan Kelurahan Legok masing-masing sebanyak 15 orang relawan yang ditempatkan dimasing-masing kelurahan yang ada di Kota Jambi.
“Khusus untuk relawan anti narkoba dari lingkungan masyarakat pihak BNN Kota Jambi memfokuskannya pda masyarakat di daerah Keluruhan Legok, Penyengat rendah dan Eka Jaya, dimana mereka bekerja sesuai aturan yang telah ditetapkan BNN untuk melakukan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” kata Agus Setiawan, kepada sejumlah media saat menggelar pres release laporan akhir tahun 2019 di kantor BNN Kota Jambi.
“Para relawan tersebut juga memiliki tugas yang hampir sama dengan pegawai BNN diantaranya melakukan pencegahan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba di lingkungan mereka,” kata Agus Setiawan.
Kemudian lagi BNN Kota Jambi juga memiliki pengiat anti narkoba sebanyak 80 orang pengiat yang terdiri dari instasi pemerintah, lingkungan pendidikan, dunia usaha maupun swasta serta pengiat di lingkungan masyarakat.
Pada 2019, BNN Kota Jambi juga telah melakukan rehabilitasi sebanyak 72 orang yang dilakukan rehabilitasi jalan sedangkan yang rehabilitas inap sebanyak 15 orang di beberapa tempat rehabilitasi di Jawa Barat dan Batam.
Selain itu BNN Kota Jambi juga terus melakukan sosialisasi dan pengawasan serta pemberdayaan masyarakat anti narkoba melalui tes urine di lingkungan pendidikan seperti ke Sekolah Menegah Pertama (SMP) yang ada di Kota Jambi serta melakukan kegiatan lainnya. (dsw)