2020, Warga Yang Meninggal Akan Dapat Uang Rp 500 Ribu

14
Wakil Walikota Jambi Maulana.(ist)
Wakil Walikota Jambi Maulana.(ist)
SEKOJA.CO.ID, Jambi– Pemkot Jambi berencana akan membagikan dana santunan kepada warga Kota Jambi yang meninggal dunia. Santunannya diberikan langsung kepada ahli waris. Besarannya Rp 500 ribu per kepala.
Namun santunan kematian tersebut tidak asal diberikan pemkot. Ada persyaratan yang harus dipenuhi ahli waris.
“Keluarga bersangkutan harus mengurus surat kematian ke RT. Lalu diteruskan ke kelurahan dan diterbitkan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil),” kata Maulana, Wakil Walikota Jambi kepada wartawan, Kamis (12/12/2019).
Dari informasi yang didapat Wawako Maulana, kesadaran masyarakat dalam mengurus akta kematian sangat rendah.
“Selain sebagai bentuk santunan Pemkot Jambi kepada warga yang sudah meninggal. Kebijakan ini juga kami nilai mampu meningkatkan jumlah warga yang mau mengurus akta kematian bagi keluarganya yang sudah meninggal,” terangnya.
Rencananya santunan kematian bakan diterapkan di awal tahun 2020 melalui Bagian Kesra Pemkot Jambi. “Tapi, ini masih kita usulkan. Mudah-mudahan disetujui oleh legislatif,” kata Maulana.
Berdasarkan data kematian warga, setiap tahun ada sekitar 800 warga Kota Jambi yang meninggal. Jika dikalikan Rp 500 ribu per kepala maka anggaran santunan kematian mencapai Rp 400 juta.(man)