2700 Jargas Segera Dipasang di Desa Mendalo Darat dan Mendalo Indah

39

SEKOJA.CO.ID, Muarojambi- 2.700 jaringan gas untuk rumah tangga akan di pasang di Kecamatan Jambi Luar Kota (Jaluko), Kabupaten Muarojambi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Muarojambi, Riduwan, Senin (20/1).

Ia menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Dirjen Minyak dan Gas (Migas). Adapun pemasangan ini direncanakan akan dilakukan di dua desa yakni Desa Mendalo Darat dan Desa Mendalo Indah.

“Ini merupakan program bupati pada tahun 2019 lalu dan alhamdulilah kementerian akan merealisasikannya pada 2020 ini. Awalnya kita ajukan 10.000 jaringan, tetapi di perencanaannya hanya dapat sekitar 5.000, untuk tahap awal ini sebanyak 2.700,” katanya

Lebih lanjut disampaikan oleh Riduwan, Jaringan Gas Rumah Tangga tersebut akan di pasang di Desa Mendalo Darat dan Mendalo Indah. Adapun rencananya pemasangan jaringan gas rumah tangga tersebut akan dilakukan pada Maret mendatang.

Saat ini tahapan yang tengah berjalan kata Riduwan, Dirjen Migas sudah menurunkan timnya ke Muarojambi untuk melakukan Front End Engineering Design atau FEED dan survei untuk mendata calon pelanggan yang akan dipasang sebanyak 2.700 titik sasaran rumah tangga.

“Saat ini di kementerian, kemarin ada turun tim dari Pokjanya Kementerian ESDM untuk melakukan aanwijzing di beberapa desa tersebut, melihat apakah benar survei yang dilakukan di lokasi tersebut. Dengan tahapan aanwijzing ini mudah-mudahan pada Maret nanti sudah bisa terlaksana,” terangnya

Sementara itu, soal keamanan menurut Riduwan gas dengan sistem jaringan gas tumah tangga ini sangat aman digunakan karena dirasa sangat minim kemungkinan terjadinya masalah. Soal kebocoran juga, jaringan gas rumah tangga ini memiliki tekanan yang sangat rendah yakni 0,2 bar.

“Mudah-mudahan dengan adanya sambungan jaringan ini dapat berdampak besar pada masyarakat, dan kita berharap program ini berkesinambungan dan dapat terealisasi di tempat-tempat lain yang ada di Kabupaten Muarojambi,” pungkasnya.(ari)