395 Kontingen Atlet dan Official Porwil, POPNAS dan Peparpenas Tahun 2019 Secara Resmi Dilepas

6
Para Kontingen Saat Foto Bersama Pejabat Pemprov Jambi Usai Melaksanakan Pelepasan Oleh Gubernur Jambi
Para Kontingen Saat Foto Bersama Pejabat Pemprov Jambi Usai Melaksanakan Pelepasan Oleh Gubernur Jambi
SEKOJAPOST.COM, Jambi – 395 kontingen Provinsi Jambi Senin (28/10/2019) secara resmi dilepas untuk mengikuti pertandingan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV dan Pekan Olahraga Paralimpic Pelajar Nasional (Peparpenas) IX Tahun 2019.
Dari 395 kontingen itu terdiri dari, 274 kontingen Porwil X yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-9 November 2019 di Bengkulu, 30 kontingen Peparpenas yang dilaksanakan di DKI Jakarta pada tanggal 8-14 November 2019 dan untuk Popnas akan diselenggarkan di DKI Jakarta pada tanggal 16-22 Nopember 2019 yang akan diikuti kontingen sebanyak 91 atlet dan official.
Disampaikan Ketua Koni Provinsi Jambi, Indra Armendaris bahwa untuk Porwil tahun ini ada 11 cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan yaitu Tinju, Billiar, renang, Catur, Panjat Tebing, Muaythai, Bola Voly, Kempo, Atletik, Bola Kaki, dan Bulu Tangkis. Untuk Cabor bola kaki Provinsi Jambi sendiri pada tanggal 26 yang lalu telah melaksanakan pertandingan dan berhasil mengalahkan tim sepak bola Lampung.
“Pada Peparpenas akan mempertandingkan 5 Cabor yaitu atletik, Bulu Tangkais, Tenis Meja, Renang dan catur. Sedangkan di POPNAS sendiri akan mempertandingkan 10 cabang olahraga, yaitu, cabang olahraga Atletik, angkat besi, dayung, judo, panahan, pencak silat, renang, taikwondo, karate, dan cabang olahraga tarung derajat,” ujarnya.
Lanjutnya, kegiatan Pekan Olahraga ini dibiayai oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, dengan tujuan sebagai ajang pembinaan prestasi olahraga pelajar yang ada di Provinsi Jambi, sekaligus sebagai tolok ukur keberhasilan para pelaku dan pembina olahraga di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jambi, serta meningkatkan dan memotivasi para atlit dalam rangka optimalisasi potensi atlet pelajar daerah agar mampu bersaing dan berprestasi.
Indra berharap para atlit dapat bertanding dengan baik, bersemangat, konsentrasi dan tenang untuk memberikan yang terbaik bagi Provinsi Jambi, serta menjaga sportivitas dan menjaga nama baik Provinsi Jambi serta menjaga kekompakan dan kebersamaan. “Kita harus mampu memperbaiki peringkat dari seluruh cabang olahraga,” tandasnya.
Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Umar  minta kontingen  Provinsi Jambi, yakni para atlet, pelatih dan official agar dapat memberikan yang terbaik bagi Provinsi Jambi, yaitu dengan meraih prestasi setinggi-tingginya dengan rekor-rekor baru dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, serta senantiasa menjaga nama baik Provinsi Jambi.
Fachrori menyampaikan, Pekan Olahraga (Porwil) Sumatera ke X yang akan dilaksanakan di Provinsi Bengkulu dan Pekan Olahraga Paralimpic Pelajar Nasional (Peparpenas keIX, serta Pekan Olahraga Pelajar Nasional XV yang akan dilaksanakan di Provinsi DKI Jakarta merupakan pertandingan/perlombaan tingkat nasional bersifat multi event.
“Pertandingan ini merupakan tolok ukur pembinaan prestasi olahraga tingkat nasional, sekaligus gambaran hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap daerah sesuai dengan cabang olahraga di daerahnya masing-masing,” ujar Fachrori.
Fachrori mengemukakan bahwa untuk meraih prestasi itu tidak mudah, dibutuhkan kerja keras dan disiplin yang tinggi serta dukungan dengan penyediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.
Fachrori mengimbau segenap jajaran Dinas Pemuda dan Olahraga dan KONI Provinsi Jambi untuk lebih meningkatkan pembinaan olahraga di Provinsi Jambi.
“Mari sama-sama kita berikan dorongan kepada seluruh pemangku kepentingan di bidang olahraga untuk melakukan berbagai terobosan dan inovasi dalam pembangunan olahraga, agar prestasi olahraga kita tidak terlalu jauh tertinggal dari daerah lain,” ungkapnya.
Fachrori berpesan kepada para atlet yang akan mengikuti pertandingan untuk menjadikan kepercayaan ini, sebagai suatu kehormatan yang harus diperjuangkan dan dipertahankan.
“Di pundak kita, amanah dan harapan seluruh masyarakat Provinsi Jambi dititipkan agar mendapatkan prestasi yang mengembirakan,” tambahnya.
“Bertandinglah dengan penuh semagat serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, raih prestasi setinggi-tingginya dan jadikan forum perhelatan olahraga sebagai wahana untuk menunjukan prestasi terbaik, serta jangan lupa selalu menjaga nama baik Provinsi Jambi dan menjaga kekompakan dari awal sampai akhir event ini,” pungkasnya.
Dalam kesempatan itu turut hadir dalam pelepasan kontingen tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Forkompimda Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi Wahyudin, Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Johansyah, para pelatih, offisial dan para atlit, serta para OPD terkait. (dsw)