Atasi Banjir di Jabodetabek, InI Yang Dilakukan BPPT….

10
SEKOJA.CO.ID– Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sedang melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)‎. Hal itu dilakukan untuk mengurangi curah hujan yang turun di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).
Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Tri Handoko Seto mengatakakan, dalam modifikasi cuaca itu pihaknya juga telah bekerja sama dengan TNI AU untuk meminjam pesawat.
‎”Kita menggunakan pesawat terbang jenis CASA 212-200 dengan registrasi A-2105 dan CN-295,” ujar Seto di Kantor BPPT seperti dilansir jawapos.com, Jakarta, Jumat (3/1).
Seto juga menuturkan, pesawat milik TNI nantinya akan diisi garam untuk menyirami wilayah yang sudah ditentukan. Hal itu dilakukan supaya hujan dapat turun sebelum jatuh ke kawasan Jabodetabek.
Total garam yang disiapkan oleh BPPT adalah 8 ton. Masing-masing pesawat ada yang membawa 4 ton dan 700 kg dalam sehari, itu guna memodifikasi cuaca.
‎”Setiap hari dibutuhkan 4 sorti (empat gelombang) tapi kalau mungkin butuh lebih, jadi butuh banyak pesawat dan kru yang siap melakukan pekerjaan itu. Setiap hari 6-8 ton,” katanya.
Seto berharap, dari upaya modifikasi cuaca tersebut, diharapkan curah hujan yang akan turun di Jabodetabek akan berkurang 30-40 persen. Setiap harinya pesawat akan terbang empat kali dengan membawa garam untuk ditaburkan di sejumlah titik di Jabodetabek.
“Pesawat nantinya berangkat dari Bandara Halim Perdana ‎Kusuma,” paparnya.(*)