Bergulir Isu Putera Daerah, Secara Historis Kerinci Lebih Menguntungkan Bersama H Bakri di Pilgub Jambi

101

SEKOJA.CO.ID, Jambi – Tensi politik pemilihan Gubernur Jambi semakin memanas. Isu putra daerah dan bukan putra daerah kian deras mengalir. Bahkan isu tersebut juga mengalir dikalangan tokoh Kerinci.

“Saat ini isu putra daerah dan bukan putra daerah sangat deras mengalir, ” ujar tokoh Kerinci.

Datuk Rizaldi masyarakat Adat Sakti Alam Kerinci mengungkapkan, isu putra daerah dan bukan putra daerah tidak begitu memiliki pengaruh besar di Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh.

Menurut dia, masyarakat Kerinci dan Sungaipenuh lebih cerdas menyikapi perkembangan politik Provinsi Jambi. Lebih mengedepankan kepentingan sebelumnya dan kepentingan sekarang dan kepentingan pembangunan, serta aspirasi masyarakat Kerinci di provinsi Jambi.

“Di Kerinci tidak terpancing isu putra daerah atau tidak. Malah masyarakat Kerinci melihat, apa yang telah diperbuat para calon gubernur untuk pembangunan Kerinci dan visinya jika terpilih jadi gubernur,” tegasnya

Dari banyak calon gubernur yang sekarang ini, dirinya melihat secara historis yang menguntungkan Kerinci di Pilgub lebih cendrung ke H Bakri.

“Kita berbicara jujur, yang sudah berbuat dan memperhatikan Kerinci dan Sungai Penuh adalah H Bakri. Kita bicara jujur saja ini, bukan janji-janji,” terangnya.

“Alasannya apa? Kita lihat dari sejarah, H Bakri adalah menantunya Alm Z Daeng Maguna mantan Bupati Kerinci. Lalu, H Bakri adalah orang kepercayaan dan dibesarkan oleh alm mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin,” ujarnya.

“Kita sangat mengetahuinya, disaat Zulkifli Nurdin jadi Gubernur, perhatiannya beliau untuk Kerinci sangat besar, ” tegasnya.

Sedangkan H Bakri sendiri, kata dia, juga sangat fokus dan berbuat untuk pembangunan Kerinci.

“Seperti yang kita rasakan sekarang ini. Dahulu 8 tahun lalu, jalan Kerinci-Jambi, jalan Sungai Penuh-Tapan, jalan Sungai Penuh-Leter W sangat parah. Beda dengan sekarang, jalan sudah lancar dan mulus. Malah sekarang ini beliau terus memperjuangkan pelebarannya,” terangnya lagi.

“Bandara Depati Parbo juga demikian. Setiap tahun terus ditingkatkan. Dan pesawat Wings Air bisa terbang ke Kerinci juga berkat perjuangan beliau,” sambungnya.

Demikian pula soal birokrasi nantinya, H Bakri tentu akan memperhatikan Kerinci sama seperti era Zulkifli Nurdin.

“Segi birokrasi apabila H Bakri jadi gubernur, saya meyakini akan mengakomodir putra terbaik Kerinci,” ujarnya (fyo)