BKSDA Lepas 4 Ekor Ungko dan Seekor Kucing Hutan ke Alam Bebas

106

SEKOJA.CO.ID, Merangin- Bertepatan dengan hari Primata ( Bangsa Kera dan Monyet) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bangko H Udin melepas hewan liar kehabitatnya.

Ada pun hewan yang dikembalikan pada habitatnya yaitu 4 ekor ungko yang terdiri dari 3 ekor berjenis kelamin betina dan 1 ekor jantan. Selain melepas ungko, BKSDA Bangko juga melepas 1 kucing hutan hasil tangkapan warga Pematang Kandis yang beberapa hari lalu sempat heboh dikira anak harimau.

Namun khawatir terjadi kucing hutan yang rentan kematia, Kucing hutan tersebut akhirnya terlebih dahulu dilepaskan Rabu (29/1/2020) oleh Tim Satgas Mitigasi SKW-1 di Hutan Arboretum Rio Alif Dusun Mudo.

“Benar, tanggal 30 Januari yang merupakan hari Primata kita melepas 4 ekor ungko dan 1 kucing hutan namun kucing hutan terlebih dahulu kita lepas karna mengingat sifat kucing hutan yang mudah stress dan dikhawatirkan beresiko mati,” tutur Kepala BKSDA Bangko Udin Ihwahudin Bangko.

Dia menambahkan, selain melakukan kegiatan di atas itu, pihaknya juga tambah melaksanakan kegiatan sosialisasi keperdulian masyarakat terhadap hewan-hewan yang dilindungi melalui sosialisasi ke sekolah-sekolah.

“Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kesadaran terhadap pelestarian satwa bagi masyarakat dan pelajar. Tim satgas melaksanan sosialisasi TSL dan membagikan leaflet kepada pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 7 Merangin,” tutup Udin.(kdr)