Bradl Kembali Dijatah 3 Wildcard untuk MotoGP 2020

50
Stefan Bradl mendapat tiga kesempatan untuk membalap pada MotoGP 2020.(ist)
Stefan Bradl mendapat tiga kesempatan untuk membalap pada MotoGP 2020.(ist)
SEKOJA.CO.ID – Status sebagai pembalap tes Honda Racing Corporation (HRC) tak menghalangi Stefan Bradluntuk mengaspal di MotoGP 2019. Sepanjang musim lalu, pembalap berpaspor Jerman itu tercatat mengaspal sebanyak empat kali dengan bendera dua tim berbeda.
Satu kesempatan dijalani Stefan Bradl dengan wildcard sebagai pembalap HRC di Jerez, sedangkan tiga lagi menggantikan Jorge Lorenzo yang cedera di Repsol Honda. Pria berusia 30 tahun itu bahkan sempat masuk kandidat sebagai pengganti Por Fuera sebelum akhirnya Repsol Honda memilih Alex Marquez.
Stefan Bradl gantikan Jorge Lorenzo di tiga balapan musim lalu (Foto: Honda Racing Corporation)
Untuk MotoGP 2020, Stefan Bradl akan kembali menyandang status sebagai pembalap tes. Ia kembali mendapat kesempatan untuk mengaspal di MotoGP 2020 berbekal tiga wildcard dari Honda. Ada pun ketiga balapan tersebut adalah MotoGP Spanyol (Sirkuit Jerez), San Marino (Misano), dan Jepang (Motegi).
“Tiga sirkuit tes untuk 2020 sudah ditentukan, Jerez dan Brno akan sekali lagi direncanakan dengan wildcard. Jika Motegi ditetapkan oleh HRC untuk trek uji coba ketiga, HRC bisa saja mengajukan wildcard ketiga buat saya di situ,” papar Stefan Bradl, dilansir dari Okezone.com, Minggu (22/12/2019).
Sekadar informasi, HRC sebenarnya merencanakan Stefan Bradl musim lalu untuk mengaspal di Brno dengan status wildcard. Namun, kesempatan itu tidak diambil karena menggantikan Jorge Lorenzo dan pembalap bernomor motor enam tersebut tidak ikut tes pasca-balap demi latihan untuk ajang Suzuka 8 Hours.
Dalam regulasi MotoGP, setiap tim diperkenankan mengajukan tiga sirkuit untuk menjadi lokasi tes. Hal itu dilakukan guna mencegah tim-tim dengan dana melimpah untuk melakukan tes sebelum pekan balapan yang hasilnya bisa dipakai sebagai dasar setelan motor saat sesi latihan bebas.(ade)