Di Kota Jambi 64 Orang Terjangkit HIV/AIDS, Mayoritas IRT

8
ilustrasi
ilustrasi
SEKOJA.CO.ID, Jambi – HIV/AIDS mulai mengancam Kota Jambi. Kini,  jumlah penderita penyakit menular tersebut sudah mencapai 64 orang.
Hal ini diungkapkan oleh Kabid PMK Dinkes Kota Jambi, Nur Indrayeti. Dia mengatakan, berdasarkan diagnosa, penderita HIV berjumlah 46 orang dan AIDS ada 18 orang. Sementara, berdasarkan pekerjaan masih dominan dikuasai wiraswasta. “Total ada 17 penderita untuk pekerjaan wiraswasta,” sebutnya.
Dia menambahkan, untuk penderita kategori ibu rumah tangga (IRT) ada 13 penderita. Lalu, karyawan 6 penderita, PSK 3 penderita, PNS 1 penderita, tidak tentu 13 penderita, sopir 3 penderita, TNI/Polri 1 penderita, pelajar/mahasiswa 2 pendeirta, buruh kasar 2 penderita, pelaut 2 penderita dan tenaga nonprofesional 1 penderita.
“Ini masih didominasi kaum pria dengan jumlah 45 orang. Sementara kaum wanita berjumlah 19 orang,” jelasnya.
Jika berdasarkan usia, lanjutnya, penderita HIV/AIDS berada pada usia 25-49 tahun. “Berdasarkan faktor resiko hitereksual yang terbanyak, berjumlah 36 orang. Disusul dengan homoseksual,” timpalnya.
Indrayeti menjelaskan, adanya jumlah IRT yang mengidap HIV/AIDS ini merupakan korban. “Ya mereka ini kan serumah, jadi tertular. Apabila diketahui sejak dini bisa dicegah dengan minum obat,” terangnya.(dar)