Dua Gol Salah Mantapkan Liverpool di Puncak Klasemen

10

SEKOJA.CO.ID – Liverpool membuka pekan ke-17 Liga Inggris 2019-2020 dengan hasil positif. Anak asuh Jurgen Klopp berhasil menumbangkan juru kunci klasemen, Watford, dengan skor 2-0 di Stadion Anfield, Sabtu (14/12/2019) malam WIB. Brace Mohamed Salah memastikan raihan poin penuh di rumah sendiri.

Jalannya Pertandingan

Strategi bertahan yang diterapkan Watford membuat Liverpool kesulitan di babak pertama. Peluang bersih pertama Si Merah baru bisa didapat pada menit 23 lewat sang kapten, Jordan Henderson. Sayangnya, tembakan pemain berpaspor Inggris itu masih melambung dari sasaran.

Sejurus kemudian, Watford membalas dengan peluang Will Hughes lewat tembakannya yang masih menyamping di sisi kanan gawang Alisson. Sepuluh menit berselang, Abdoulaye Doucoure gagal memasukkan bola dari dalam kotak penalti karena masih melebar.

Doucoure pasti menyesali kegagalan itu karena Mohamed Salah justru membobol gawang Watford yang dikawal Ben Foster semenit kemudian. Tembakan kaki kanan pemain asal Mesir itu dari dalam kotak penalti bersarang dengan mulus di sudut kanan atas gawang. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk Liverpool.

Memasuki babak kedua, Watford mencoba mendobrak sejak menit pertama. Hasilnya, pada menit 49 tembakan Ismaila Sarr sempat membuat jantung penonton berdegup kencang. Beruntung, Alisson Becker dengan sigap mengamankan gawangnya dari tembakan tersebut.

Semenit kemudian, Liverpool menambah skor lewat sundulan Sadio Mane. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit Andre Marriner karena pemain berkebangsaan Senegal itu lebih dulu offside. Mo Salah nyaris mencetak gol keduanya pada menit 64, andai sepakannya tidak melenceng di sisi kiri gawang.

Kali ini, pemain kelahiran Nagrig itu tidak menyiakan peluang untuk menggandakan skor. Namun, ia harus menanti hingga menit 90 guna mencetak gol kedua. Back heel pemain berusia 27 tahun tersebut mampu menaklukkan Ben Foster. Gol tersebut menutup laga sehingga Liverpool menang 2-0 atas Watford.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, James Milner; Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum (Andrew Robertson 59’); Xherdan Shaqiri (Alex Oxlade-Chamberlain 70’), Roberto Firmino (Divock Origi 88’), Sadio Mane; Mohamed Salah

Cadangan: Adrian San Miguel, Andy Robertson, Adam Lallana, Divock Origi, Neco Williams, Alex Oxlade-Chamberlain, Naby Keita

Manajer: Jurgen Klopp

Watford: Ben Foster; Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Christian Kabasele, Kiko Femenia; Abdoulaye Doucoure (Domingos Quina 87’), Etienne Capoue; Gerard Deulofeu, Will Hughes, Ismaila Sarr; Troy Deeney (Andre Gray 75’)

Cadangan: Heurelho Gomes, Craig Dawson, Nathaniel Chalobah, Andre Gray, Domingos Quina, Isaac Success, Dimitri Foulquier

Manajer: Nigel Pearson. (ade/okezone.com)