Integritas Ketua KPU Bungo Dipertanyakan

8
SEKOJAPOST.COM, Bungo – Kembali ketua KPU Bungo M Bisri terlihat kongkow bersama Andas Toto, salah satu tim sukses kandidat calon bupati petahana Mashuri. Kongkownya kali ini di salah satu tempat sarapan pagi di sudut kota Bungo.
Kebersamaan ketua KPU Bungo M Bisri dan Andas Toto itu diketahui dari akun Kasubag Humas Pemkab Bungo, Rahmad Hidayat, yang mengupload foto kongkow itu.
Rahmad sendiri ikut serta dalam kongkow tersebut. Ada juga Ronal Febrian. Dalam foto itu Rahmad menuliskan dalam rangka perayaan ulang tahun Andas Toto.
Ditanyai pertemuan itu, Andas Toto mengatakan hanya silaturahmi biasa tanpa bahasan apa-apa. “Itu cuma sarapan biasa, hanya jalin shilaturahmi, siapa bilang saya tim Mashuri, Sknya saja belum ada sampai saat ini,”ungkap Andas Totok di kawasan Pasar Muarabungo baru-baru ini.
Kembali ia mengatakan, pertemuan itu usai mendaftarkan Mashuri di beberapa partai untuk diusung. Mengenai keterlibatannya membantu Mashuri, Andas mengungkapkan kapasitasnya hanya sebagai teman atau senior organisasi.
“Bisa saja sebagai teman, bisa sebagai senior,” ungkap Andas Toto.
Apa pun alibi yang disampaikan Andas Toto, Titi Anggraini, Direktur Eksekutive Perkumpulan Pemilu Untuk Demokrasi (Perludem), menyayangkan sikap Ketua KPU Bungo sebagai pejabat publik yang harusnya menjaga marwah kelembagaan.
Titi menghimbau agar penyelenggara menjaga azas netralitas dan integritas secara inparsial. “Jangan hanya ucapan, tapi juga tindakan dan tingkah laku,” katanya.
Ia meminta agar komisioner KPU agar lebih menahan diri agar tak menimbulkan kontroversi ditengah masyarakat yang berdampak terhadap rusaknya kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Komisi Pemilihan Umum.
“Jika salah satu saja, ucapan atau tindakan berbeda maka penyelenggara harus melihat lagi aturan kode etik penyelenggara,” kata Titi.
Ia berharap kedepan jangan ada lagi tindakan yang sama agar kedepan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini semakin baik.
“Dia kan tahu kondisi politik di daerahnya, tau mana orang-orang yang berafilisi dengan politik tertentu, Tahan diri, agar jangan menjadi kontroversi,” pungkasnya.(frs)