Kapolda-Gubernur Jambi Cek Pengamanan Natal di Gereja HKBP

9

SEKOJA.CO.ID, Jambi – Kepala kepolisian daerah (Kapolda) Irjen Pol Muchlis AS MH bersama Gubernur Jambi Fachrori Umar beserta pejabat utama Polda dan Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) melakukan pengecekan pengamanan perayaan natal di Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di kawasan Kota Baru, Jambi.

“Semoga masyarakat Provinsi Jambi yang tengah menjalan ibadah natal berjalan lancar,” ujar Gubernur Jambi Fachrori Umar, Selasa (24/12/2019) malam.

Gubernur berharap, TNI/Polri dapat bersinergitas dalam menjaga keamanan di tempat-tempat ibadah demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis As menyampaikan bahwa sampai saat ini seluruh jajaran TNI/Polri di Provinsi Jambi terus menjaga perayaan misa gereja dan misa Natal.

“Alhamdulillah hingga saat ini semua proses itu berjalan aman dan tertib. Aparat keamanan TNI/Polri bahu membahu bersama aparat lainnya. Kita memastikan setiap warga negara saling menjaga keharmonisan antar umat beragama,” katanya.

Ketika ditanya terkait situasi keamanan di Provinsi Jambi dalam rangka perayaan Natal dan menyambut Tahun Baru, Muchlis memastikan kondisi hingga saat ini aman dan kondusif.

“Mudah-mudahan sampai besok bahkan hingga malam Tahun Baru situasi aman terkendali. Keamanan dan kenyamanan dari saudara kita yang merayakan Natal, harga mati.” pungkasnya.

Ditambahkannya, dalam upayan menjaga situasi keamanan yang kondusif di Provinsi Jambi mulai dari rangkaian perayaan Natal hingga malam pergantian tahun 2019-2020. Sedikitnya, kata Kapolda, pihaknya menerjunkan 1141 personil yang tersebar di seluruh kabupaten/kota.

Untuk diketahui, Kapolda dan Gubernur Jambi beserta rombongan, Selasa malam sekitar pukul 20.15 WIB tiba di gereja terbesar di Jambi HKBP yang berada di Kota Baru. Setiba di sana, rombongan Kapolda Jambi langsung meninjau dan memantau langsung kegiatan para jemaat gereja yang sedang beribadah merayakan Natal bersama.

Selama hampir satu jam, Kapolda dan gubernur terlihat mendatangi serta berdialog dengan para jemaat gereja sambil bersua foto diluar gedung gereja tersebut.

Situasi sampai saat ini untuk perayaan malam Natal di Jambi secara umum dan khusus di Provinsi Jambi, berjalan aman, tertib dan lancar tanpa ada gangguan Kamtibmas disana. (dsw)