Miris! Sampah Berserakan di Pinggir Jalan Dekat Balai Benih Holtikultura Kota Jambi

1080

SEKOJA.ID, Jambi – Kota Jambi memang rutin mendapat gelar Adipura sebagai kota bersih dari pemerintah pusat. Sayangnya, gelar tersebut sepertinya tidak seirama dengan kondisi sampah yang berserakan di pinggir jalan menuju ke Balai Benih Holtikultura Kota Jambi.

Dari pantauan sekoja.id, sampah dengan bau menyengat itu persisnya berada di Jalan Mangku Umar, RT 42, Kelurahan Mayang Mangurai, Kecamatan Alam Barajo. Dari kejauhan, bau busuk aroma sampah sudah tercium dari beberapa puluh meter.

Fauzi perwakilan warga sekaligus Ketua Lingkungan membenarkan bahwa dilingkungannya masih ada warga yang membandel membuang sampah di pinggir jalan. Kata Fauzi, masalah sampah ini sudah dikoordinasikannya bersama dengan Ketua RT 42.

“Sudah kita rembuk dengan pak RT dan warga. Kita coba pecahkan akar permasalahannya,” jelas Fauzi kepada Sekoja.id, Kamis (9/6/2022).

Fauzi menegaskan, sebelumnya perangkat RT juga sudah berupaya menghentikan warga membuang sampah di lahan kosong tersebut. Hanya saja, spanduk himbauan yang dipasang sepertinya tidak mampu menyadarkan oknum warga yang tidak bertanggungjawab.

“Spanduk himbauan sudah dipasang, oknum warga yang nakal tetap saja buang sampah sembarangan di situ.” keluh Fauzi.

Tidak hanya dengan memasang spanduk, dijelaskan Fauzi, warga yang peduli dengan kebersihan juga sudah bahu membahu bergotong royong membersihkan tumpukan sampah itu. Lagi -lagi, oknum warga tidak sadar dan masih membuang sampah di lokasi itu.

“Tidak jarang, akibat dari banyaknya sampah, tikus dan hewan lainnya menarik sampah itu ke jalanan. Satu persatu plastik berisi sampah terburai ke jalan.” bebernya.(asi)