Nasdem Moncer di Pileg Bungo, Jumiwan Aguza Diprediksi Melenggang Mulus di Pilbup 2024

1292

SEKOJA.ID, Bungo – Partai Nasional Demokrat (Nasdem) moncer dalam Pileg Bungo Februari lalu. Dari hasil rekap KPU, partai besutan Surya Paloh berkemungkinan besar merebut kursi Ketua DPRD.

Hasil ini tentunya tak lepas dari peran besar dari sang nahkoda DPD Bungo Jumiwan Aguza (Jon Zaki). Magnet besar Jon Zaki mengantarkan Partai Nasdem menjadi jawara.

Pengamat Politik dari Pasca Sarjana UIN STS Jambi Dr Dedek Kusnadi SE MSi mengatakan kalau kemenangan Partai Nasdem di Bungo ini menjadi jalan awal Jumiwan Aguza dalam pergelaran Pilbup Bungo. Menurut Dr Dedek, grafik peningkatan suara Partai Nasdem di Bungo sangat dipengaruhi oleh Jumiwan Aguza.

“Hasil Pileg ini membuktikan bahwa Jon Zaki mempunyai peran vital dan menjadikannya salah satu kandidat yang patut dinantikan kiprahnya di Pilbup Bungo.,” sebutnya kepada wartawan, Selasa 27/2/2024).

Dari pengamatannya, Dr Dedek menyebutkan starter Partai Nasdem di Pileg merupakan start awal dan tolak ukur kekuatan dari Jumiwan Aguza.

“Artinya jika memang benar Jon Zaki maju sebagai Cabup Bungo, Partai Nasdem sudah bisa berlayar sendiri. Tanpa koalisi pun Nasdem bisa mengusung Cabup sendiri,” urainya.

Bagaimana peluang dari kandidat lain, menjawab hal ini pengamat jebolan Universitas Jerman ini mengaku belum melihat ada pergerakan kandidat lain yang masif.

“Sejauh ini yang digaung-gaungkan hanya nama Jon Zaki. Memang ada nama Wabup Apri, dan Kadis Pertan Hasbi, tetapi gerakannya belum terlalu signifikan,” pungkasnya.(ade)