Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di 6 Negara Asean

124
SEKOJA.CO.ID – Virus corona masih terus menyebar dan mengalami peningkatan kasus seiring dengan sejumlah pasien yang juga sembuh.
Hingga Sabtu (1/1/2020), dilaporkan ada 11.374 kasus virus corona yang telah terkonfirmasi di seluruh dunia.
Dilansir dari laman Kompas.com, dari belasan ribu kasus virus corona tersebut, sebanyak 259 orang dilaporkan telah meninggal dunia.
WHO juga telah mengumumkan status virus corona ini sebagai Darurat Kesehatan Global. Sejauh ini, 25 negara telah mengonfirmasi temuan kasus virus corona.
Sebagian negara di Asia Tenggara juga termasuk ke dalam 25 negara yang telah terkonfirmasi virus corona tersebut.
Berikut adalah perkembangan kasus virus corona yang terjadi di negara-negara Asia Tenggara hingga Sabtu (1/2/2020):
1. Filipina
Pada Kamis (30/1/2020) lalu, Filipina mengonfirmasi kasus pertamanya terkait dengan virus corona Wuhan.
Keterangan tersebut disampaikan oleh Sekretaris Kesehatan Filipina Francisco Doque sebagaimana dikutip CNN.
Pada 21 Januari 2020, pasien merupakan wanita berusia 38 tahun dari Wuhan yang tiba di Filipina melalui transit di Hongkong.
2. Malaysia
Melansir SCMP,  Malaysia mengonfirmasi satu lagi kasus virus corona pada Kamis (30/1/2020). Kasus baru ini membuat total kasus virus corona di negara tersebut menjadi sebanyak 8 kasus.
Kasus kedelapan terjadi pada seorang perempuan berusia 49 tahun yang telah dirawat di isolasi Permai Hospital, negara bagian selatan Johor dan dilaporkan berada dalam kondisi stabil.
3. Thailand
Berita terbaru menyatakan bahwa Thailandtelah mencatat penularan virus corona antar manusia pertama setelah seorang supir taksi terinfeksi oleh wisatawan.
Melansir The Guardian, supir taksi tersebut merupakan satu dari lima pasien baru yang dikonfirmasi pada Jumat (31/1/2020).
Hingga kini, total kasus virus corona yang tercatat di negara ini mencapai 19 kasus. Banyaknya kasus yang ditemukan membuat Thailand disebut sebagai negara dengan kasus virus corona terparah di luar China.(mau)