Polda Jambi Terjunkan Tim Cek Limbah PT AWI

40
Kombes Edi Fariyadi.(Deni Septiawan/Sekoja.co.id)
Kombes Edi Fariyadi.(Deni Septiawan/Sekoja.co.id)

SEKOJA.CO.ID, Jambi- Terkait dengan limbah PT Agro Wijaya Industri (AWI) yang membuang limbah berbahaya ke Sungai Abu, Kecamatan Tabir, Merangin, Polda Jambi rupanya sudah memonitor. Malah, tim dari Ditreskrimsus Polda Jambi bakal menerjunkan tim untuk mengecek ke lokasi.

BACA JUGA: Pt Awi Cemari Sungai Abu Tabir Bertahun-tahun

Saat dikonfirmasi Sekoja.co.id, Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Edi Fariyadi membenarkan jika dirinya akan menerjunkan tim khusus untuk mengecek limbah PT AWI. Dia mengaku, kalau desas-desus dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan PT AWI memang sudah diketahuinya melalui media massa.
“Ya, dalam waktu dekat tim akan turun dan berkoordinasi dengan dinas terkait.” tegas Kombes Edi, Rabu (25/12/2019).

BACA JUGA: Sudah Cek Limbah PT Awi Komisi III DPRD Merangin Tidak Berani Bertindak

Kombes Edi menambahkan, karena sebelumnya sudah ada tim dari dinas terkait yang turun ke lokasi bersama dengan DPRD dan sudah mengecek sampel limbah. Maka, dijelaskannya tim Polda Jambi akan memadukan data antara dinas terkait dengan sampel yang diambil anggotanya.

“Selain kita back-up data sampelnya, kita juga akan ambil data langsung.” sebutnya.
Bagaimana jika memang terbukti PT AWI mencemari lingkungan, menjawab hal ini Kombes Edi menyebut kalau pihak PT AWI terancam bui karena melanggar UU Lingkungan Hidup.
“Kita lihat saja nanti. Kalau memang terbukti, kita akan jerat dengan UU Lingkungan Hidup,” tandasnya.
Terpisah, Bambang HRD PT AWI belum bisa dimintai konfirmasi terkait bakal turunnya tim dari Polda Jambi. Pasalnya, saat dilayangkan pesan melalui Whatsapp, tidak dibalas.
Seperti diberitakan sebelumnya, berdasarkan Pantauan Sekoja.co.id Rabu (11/12/2019), limbah PT AWI yang berlokasi di Kecamatan Tabir tampak tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah. Selain dari tidak ada kolam penampungan yang dibuat secara permanen, limbah juga langsung menyatu dengan tanah dan dialirkan ke sungai.(dsw)