Sering Terjadi Laka, Ini Data Lengkap Truk Terguling di Tikungan Manggis

348

SEKOJA.CO.ID, Bungo- Truck PS BA 8473 HZ bermuatan sayur-mayur seperti tomat, kol dan kentang yang terguling di tikungan tugu Tai Kerbau, Kelurahan Manggis, Kecamatan Bathin III. Diketahui, awalnya melaju dari Kecamatan Rao, Pasaman, Sumatra Barat.

Truk yang dikemudikan oleh Yoga (23) dan sepupunya Fikri (24) warga Bukit Sileh, Kecamatan Lembang Jaya, Kabupaten Solok, Sumbar ini melaju kencang pasca lampu merah Simpang Jambi, Muarabungo menuju arah Provinsi Bangka Belitung.

Yoga yang mengaku, baru kali ini menempuh jalan ini yang terlihat kencang tak menyadari adanya tikungan tajam yang sering makan korban ini.

“Dari arah Simpang Jambi, kencang, kan habis lampu merah, saking kencangnya, melihat ada tikungan tajam kondisi mobil sempat terlihat oleng dua kali sebelum terguling ke jurang sedalam 5 meter di tikungan ini,” ungkap Amri salah satu sopir truk yang melihat kejadian ini.

Kata Amri, kondisi mobil yang kencang dan bermuatan berat bertemu tikungan tajam diduga menjadi penyebab olengnya mobil ini, sehingga terjun menabrak besi plang pembatas jalan, sebelum terjun dan terbalik di jurang.

“Terjadi laka tunggal ditikungan tajam manggis ini, kita sudah amankan terlebih dahulu lokasi. Setelah kita cek tak ada kerugian dari pihak lain, untuk evakuasi kita langsung serahkan kepada yang bersangkutan,” ungkap Aiptu Ahmad Sujud anggota Satlantas Polres Bungo yang datang ke lokasi kejadian.

Sering Terjadi Kecelakaan

Tikungan tugu Tai Kerbau, Kelurahan Manggis didepan rumah makan Saiyo Muaro ini memang sering memakan korban kecelakan, sekitar empat tahun yang lalu, tikungan ini juga menggulingkan mobil Antar Lintas Sumatra (ALS). Kala itu banyak korban meninggal dunia akibat kecelakaan ini.

Sebelum tergulingnya truk ini, Rabu (15/1), mobil Jambi Tranports (Jatra) juga mengalami kecelakaan di tikungan ini. Beruntung tak ada korban jiwa, hanya saja mobil yang menabrak tugu Tai Kerbau ditikungan ini rusak berat.

Sebelumnya, mobil armada pemadam kebakaran Kabupaten Bungo juga sempat terguling di lokasi ini. Kala itu, mobil yang melaju kencang ingin memadamkan api, terguling yang mengakibatkan pengemudinya luka ringan.

“Kemarin awal tahun juga ada Pajero Sport dengan sepeda motor bertumburan di tikungan ini. Korban luka patah kaki dari pihak pemotor” ungkap Erna warga sekitar.

Tak ada yang bisa disalahkan dalam sejumlah kejadian ini, hanya saja menurut pihak Satlantas Polres Bungo, kehati-hatian dalam berkendara harus ditingkatkan, apalagi kondisi jalan yang menikung tajam.(frs)