Tanpa Izin Amdal Lalin, MCDonald’s Jambi Nekat Beroperasi

145

SEKOJA.CO.ID, Jambi- Walaupun telah beroperasi kurang lebih 10 bulan di Provinsi Jambi, ternyata Grai MCDonald’s yang berlokasi di Jalan Soemantri Brojo Negoro Sipin Jambi belum mengantongi izin Amdal Lalu Lintas (Lalin) . Hal itu dibenarkan Kabid Darat Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Wing Gunariadi Kamis (16/1/2020).

“Kami telah menolak pengajuan izin yang di ajukan oleh pihak McDonald’s,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam proses perizinan seharusnya pengajuan Amdal lalu lintas terlebih dahulu dilaksanakan. Tetapi, kali ini malah setelah terbit Izin Mendirikan Bangunan (IMB) baru mengajukan perizinan Amdal Lalin.

“Amdal Lalin itu merupakan dasar utama untuk mengajukan perizinan lainnya untuk suatu tempat usaha, terlebih di pinggir jalan yang menggunakan jalur lalu lintas darat,” katanya.

Untuk diketahui, dalam proses pembangunan Grai McDonald’s itu pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol Pp) Kota Jambi pada Januari 2019 sempat melakukan penyegelan terhadap bangunan tersebut. Penyegelan dilakukan karena tidak memiliki IMB.

Namun, tak berselang beberapa waktu segel itu dicabut. Menurut keterangan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Fahmi pada waktu itu pihak pengelola telah menyelesaikan perizinan.

Tidak hanya itu, terkait pencabutan segel itu sempat menuai kritikan dari berbagai element termasuk dari Anggota DPRD Kota Jambi Komisi I pada waktu itu, Junaidi Singarimbun. (dsw)