Tingkatkan Profesionalisme Polri, Kapolda Jambi Buka Latihan Pra Operasi Lilin 2019

9
SEKOJA.CO.ID, Jambi – Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS membuka pelatihan pra operasi Lilin 2019, Selasa (17/12/2019). Kegiatan yang mengangkat tema tingkatkan profesionalisme Polri dalam
pengamanan natal 2019 dan tahun baru 2020 guna memelihara keamanan dalam negeri ini berlangsung di ruang Balai Siginjai Polda Jambi.
Dalam arahannnya, Kapolda Muchlis mengatakan latihan pra operasi merupakan salah satu tahapan proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi dan cara bertindak.
Sehingga anggota dilapangan benar-benar mengerti dan memahami tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Selain itu untuk meningkatkan kemampuan profesionalitas para personel dilapangan agar terciptanya kesuksesan penyelenggaraan operasi lilin – 2019.
“Itu semua ditujukan supaya terwujudnya rasa aman, nyaman dan kondusif dalam pengamanan perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020,” ujar jendral bintang dua ini.
Kapolda juga berpesan kepada seluruh personel yang terlibat dalam LatPra Operasi agar selalu menjaga kondisi fisik dan mental sehingga mampu mengemban tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing.
“Lakukan komunikasi, koordinasi dan kedepankan kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan stake holder serta elemen masyarakat lainnya,” katanya.
Kemudian, tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun satuan, guna merespon dengan cepat dan tepat berbagai peristiwa serta kejadian yang dapat menganggu aktivitas masyarakat.
Tingkatkan kepekaan terhadap situasi lingkungan dan lakukan deteksi dini dengan mengoptimalkan peran fungsi intelijen dan bhabinkamtibmas di lapangan, untuk mengetahui dinamika dan perkembangan situasi di masyarakat, sehingga semua potensi yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas dapat diantisipasi sedini mungkin.
“Lakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan menggerakan seluruh fungsi kepolisian yang terlibat dalam operasi kepolisian terpusat lilin – 2019, guna menekan terjadinya gangguan kamtibmas di masyarakat melalui proses giat yang profesional, modern dan terpercaya,” pungkasnya.
Dikesempatan itu turut hadir Danrem 042/Gapu Jambi, Irwasda Polda Jambi, Kadis Perhubungan, Kadis Kesehatan, Pimpinan PT. PLN, Pimpinan Jasa Raharja, GM PT. Angkasa Pura, Ketua DPD Organda, PJU Polda Jambi, Kepala Instansi Terkait serta Para peserta Latpraops Lilin 2019 dari Jajaran Polda Jambi. (dsw)